Halaman

Sabtu, 16 Januari 2010

Teori Atom Ernest Rutherford

Ernest RutherfordPlanet model atom Rutherford adalah model atom yang ditemukan oleh Ernest Rutherford. Diarahkan Rutherford terkenal dengan percobaan Geiger-Marsden pada tahun 1909, yang menyarankan untuk analisis Rutherford (1911) bahwa model prem puding dari atom JJ Thomson salah. Rutherford model barunya untuk atom, berdasarkan hasil eksperimen, memiliki sejumlah fitur modern yang penting, termasuk pusat relatif tinggi muatan terkonsentrasi ke volume yang sangat kecil dibandingkan dengan sisa atom dan berisi sebagian besar massa atom ( dalam inti atom), dan sejumlah kecil elektron mengelilingi inti seperti planet mengelilingi matahari.

Pada 1911, Rutherford datang maju dengan model fisik sendiri struktur subatomik, sebagai sebuah penafsiran atas hasil eksperimen yang tak terduga. Di dalamnya, atom adalah terdiri dari biaya pusat (modern ini adalah inti atom, Rutherford meskipun tidak menggunakan istilah “inti” dalam makalahnya) dikelilingi oleh awan yang mengorbit elektron. Dalam kertas 1911 ini, Rutherford hanya melakukan sendiri untuk daerah pusat kecil yang sangat tinggi muatan positif atau negatif dalam atom, tetapi menggunakan bahasa berikut bergambar tujuan:

“Untuk konkret, pertimbangkan berlalunya kecepatan tinggi partikel α melalui sebuah atom memiliki muatan pusat positif N e, dan dikelilingi oleh biaya kompensasi dari N elektron.”

Dari energik murni pertimbangan sejauh mana partikel-partikel alfa kecepatan dikenal akan mampu menembus menuju pusat muatan dari 100 e, Rutherford dapat menghitung bahwa jari-jari-nya emas biaya pusat perlu kurang (berapa banyak tidak dapat mengatakan) dari 3,4 x 10-14 meter (nilai modern hanya sekitar seperlima dari ini). Ini adalah dalam atom emas dikenal sebagai 10-10 meter atau lebih dalam radius yang sangat mengejutkan menemukan, seperti yang tersirat muatan sentral yang kuat kurang dari ke 1/3000 dari diameter atom.

Model Rutherford tidak atribut struktur apapun ke orbit elektron itu sendiri, walaupun tidak menyebutkan model atom Hantaro Nagaoka, di mana elektron tersebut diatur dalam satu atau lebih cincin.

Kertas Rutherford mengusulkan bahwa tuduhan pusat atom mungkin “proporsional” kepada massa atom dalam unit massa hidrogen u (kira-kira 1 / 2 dari itu, dalam model Rutherford). Untuk emas, ini nomor massa 197 (tidak kemudian dikenal dengan akurasi besar) dan karena itu model oleh Rutherford menjadi mungkin 196 u. Namun, Rutherford tidak berusaha untuk membuat hubungan langsung ke pusat bertanggung jawab untuk nomor atom, karena tempat emas pada tabel periodik adalah diketahui sekitar 79 u, dan Rutherford yang lebih tentatif model struktur inti emas adalah 49 helium inti, yang akan memberinya dari 196 massa u dan biaya dari 98 e. Hal ini cukup berbeda dari emas itu “nomor atom” (pada waktu itu tempatnya hanya angka dalam tabel periodik) yang Rutherford tidak secara resmi menyarankan dua angka mungkin persis sama.

Penelitian atom yang dilakukan oleh Rutherford menyimpulkan tentang beberapa tetang atom. Yaitu diantaranya :

1. Atom bukan merupakan bola pejal, karena hampir semua partikel alfa diteruskan
2. Jika lempeng emas tersebut dianggap sebagai satu lapisan atom-atom emas, maka didalam atom emas terdapat partikel yang sangat kecil yang bermuatan positif.
3. Partikel tersebut merupakan partikel yang menyusun suatu inti atom, berdasarkan fakta bahwa 1 dari 20.000 partikel alfa akan dibelokkan. Bila perbandingan 1:20.000 merupakan perbandingan diameter, maka didapatkan ukuran inti atom kira-kira 10.000 lebih kecil daripada ukuran atom keseluruhan.

Berdasarkan fakta-fakta yang didapatkan dari percobaan tersebut, Rutherford mengusulkan model atom yang dikenal dengan Model Atom Rutherford yang menyatakan bahwa Atom terdiri dari inti atom yang sangat kecil dan bermuatan positif, dikelilingi oleh elektron yang bermuatan negatif. Rutherford menduga bahwa didalam inti atom terdapat partikel netral yang berfungsi mengikat partikel-partikel positif agar tidak saling tolak menolak.
Model atom Rutherford dapat digambarkan sebagai berikut :


Litium dalam model atom Rutherford
Kelebihan dalam teori atom Ernest Rutherford
Membuat hipotesa bahwa atom tersusun dari inti atom dan elektron yang mengelilingi inti

Kekurangan dalam teri atom Ernest Rutherford
Tidak dapat menjelaskan mengapa elektron tidak jatuh ke dalam inti atom. Berdasarkan teori fisika, gerakan elektron mengitari inti ini disertai pemancaran energi sehingga lama – kelamaan energi elektron akan berkurang dan lintasannya makin lama akan mendekati inti dan jatuh ke dalam inti. Karena Rutherford adalah telah dikenalkan lintasan/kedudukan elektron yang nanti disebut dengan kulit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar